bon sang ne peut pas mentir

statistics

Popular Posts

Cerita Tes Rekrutmen PT Petrokimia Gresik

Kapan hari aku sedikit cerita mengenai proses rekrutmen di PT PLN. Disana aku janji bakal cerita tentang proses rekrutmen di perusahaan tempat aku bekerja sekarang.
Well, saat ini aku bekerja di perusahaan yang merupakan produsen pupuk terlengkap di Indonesia, mana lagi kalau bukan PT Petrokimia Gresik.
Langsung aja aku ceritain tahapan proses rekrutmennya tahun 2015 ya.. Cuap-cuapnya nanti aja he he

Angkatan yang Paling Banyak Ceweknya

Tahapan rekrutmen di PT Petrokimia Gresik ada 5, antara lain :
1. Seleksi Administrasi 
    Sebelum aku cerita mengenai prosesnya lebih jauh, di sini aku cuma mau menyampaikan aja kalo Seluruh Proses dan Pengumuman Rekrutmen PT Petrokimia Gresik Dilakukan Secara Online melalui website [http://recruitment.petrokimia-gresik.com/]
So, jangan sampai tertipu dengan pengumuman-pengumuman palsu yang mengatasnamakan perusahaan. Apalagi tergiur dengan reimbursement yang akan dibayar di tempat tujuan dengan alih-alih melakukan kerja sama dengan sebuah travel tertentu. Plis lah itu dapat dipastikan hoax..!!

Oke lanjut ya..
Jadi setelah registrasi dan bisa login. Isilah data-data yang ada. Yang penting isilah nomer hp yang aktif, yang selalu kamu pegang kemana-mana. Biar kalo ada kemungkinan pengumuman yang disampaikan lewat sms bisa langsung kamu ketahui.
Udah. Abis ngisi ya udah. Tinggal tunggu pengumuman untuk lanjut ke Tes Akademik dan Bahasa Inggris. Tapi pastikan kamu sudah mengisi semua data dengan benar.

2. Seleksi Akademik dan Bahasa Inggris
     Yap yap.. kalo lolos seleksi administrasi maka kamu akan lanjut ke seleksi akademik dan bahasa inggris. Di sini kepandaianmu memahami materi sewaktu kuliah akan diuji hehe. Kalo menurutku soal-soalnya sesuai kok dengan bidang masing-masing. Misalnya untuk soal jurusan elektro,disini lebih banyak berkaitan dengan pelajaran elektro arus kuat dan sedikit mengenai elektronika dasar. Untuk soal Bahasa Inggris yaa gitu sama aja dengan tes-tes bahasa inggris pada umumnya. Ada grammar, ada bacaan, yaa something like that.

3. Seleksi Psikotes dan Wawancara Psikolog
    Kalo lolos seleksi Akding, maka dalam waktu 1-2 hari berikutnya kamu akan menjalani psikotes. Dalam seleksi ini biasanya perusahaan akan menggunakan jasa eksternal. Waktu saya tes ini, tes korannya bukan pauli melainkan kraepelin.
Setelah melakukan psikotes tulis dan setelah ishoma, dilanjutkan dengan tes wawancara psikolog. Ngga ada kiat-kiat khusus sih. Dan ngga ada pertanyaan yang bisa dijadikan patokan juga. Karena masing-masing psikolog yang mewawancarai punya style yang berbeda-beda. Kalo aku sih waktu itu ditanyain seputar kegiatan-kegiatan di kampus yang aku ikutin. Terus kenapa kok daftar ke perusahaan ini. Cita-citanya dulu pengen jadi apa. Yaa seputar gitu-gitu aja sih. Cuma 5-10 menit. Bentar banget kok durasinya.

4. Seleksi Kesehatan dan Wawancara User
    Butuh waktu lama dan kesabaran yang tinggi menanti pengumuman lolos ke tahap ini. Yap berdasarkan pengalaman pribadi sih aku sampai ninggalin tes dari perusahaan lain karena harinya barengan. Dheem.. itu pilihan yang sulit saat itu. Tapi akhirnya aku memutuskan untuk memilih melanjutkan tes petro karena beberapa pertimbangan. Salah satunya adalah aku ngga tau kapan petro bakal open recruitment lagi. Sedangkan perusahaan sebelah, masih bisa daftar lagi gelombang berikutnya. Karena perusahaan tersebut memang lagi rekrut banyak di 2015.

Well.. lanjut yaa
Mengenai Wawancara User dan Tes Kesehatan biasanya dilakukan 2 hari berturut-turut di Gresik. Buat yang dari luar kota, biasanya sih disediakan mess dari perusahaan untuk tempat menginap sementara. Tapi buat aku yang berdomisili di surabaya, tidak mendapatkan fasilitas mess karena dianggap dekat. Maka dari itu aku memutuskan untuk menginap di rumah saudara yang ada di Gresik, karena aku tidak ingin mengambil risiko "kecapek-an" ketika akan melakukan tes kesehatan.

Hari pertama... Wawancara User dilakukan di GOR Tri Dharma yang berada di jalan Ahmad Yani, berseberangan dengan Kantor Pusat Petrokimia Gresik. Wawancara dimulai sesuai jadwal. Di dalam GOR disediakan kursi bagi para peserta untuk menunggu panggilan. Wawancara User ini dibagi berdasarkan jurusan masing-masing. Kalo kamu jurusan elektro yaa usernya manajer pemeliharaan atau utilitas atau inspeksi semacam itu. Kalo yang jurusan akuntansi yaa usernya manajer keuangan, akuntansi, anggaran dan sejenisnya. Mengenai pertanyaannya, yaa selayaknya pertanyaan user pasti teknik banget sesuai bidang masing-masing. Contohnya waktu itu saya ditanya mengenai interconection jaringan listrik. Rata-rata alokasi waktu untuk wawancara user adalah sekitar 20-30 menit. Jadi selamatlah buat kalian yang mendapat giliran dipanggil terakhir. Selamat menunggu maksudnya he he he 

Hari kedua... Tes Kesehatan dilakukan di Rumah Sakit Petrokimia Gresik. Tes Kesehatannya lengkap, meliputi tes secara fisik (seperti mata, telinga, kaki, gigi, timbang berat badan, dll) serta pengambilan sample darah dan urin. Oyi.. tidak lupa dengan tes lari yang sudah menjadi tradisi bagi calon karyawan Petrokimia Gresik. Tes lari disini artinya adalah kamu harus lari mengelilingi lapangan sepak bola di GOR Tri Dharma sebanyak 6 putaran, gak boleh pingsan. Kalo capek ya boleh kok jalan cepat. Tapi tetep waktumu akan dicatat. Disini aku ngga tau pencatatan waktu diperhitungkan dalan penilaian ato engga. Pokoknya yang jelas jangan pingsan ato muntah aja sih. So, banyak-banyak lah latihan lari sebelum sampai ke tahap tes ini.

5. Seleksi Wawancara Direksi
Rentang waktu menunggu pengumuman antara seleksi kesehatan menuju seleksi akhir alias wawancara direksi tidaklah lama seperti sebelumnya yang sampai berbulan-bulan. Paling cuma sekitar 2-3 minggu. Tapi cukup membuat saya meninggalkan tes kesehatan (lagi) Di tahapan ini, kamu akan di plotting berdasarkan minat dan bakat yang kamu miliki. Jadi masing-masing individu akan mendapatkan jadwal wawancara yang berbeda. Ada yang wawancara dengan 1 direksi saja, tapi ada yang wawancara dengan 2 direksi. Hasil dari wawancara direksi akan dibuat pertimbangan dalam penempatan kerja di departemen mana kalau nanti diterima.
Jangan kamu berpikir kalau sudah sampai wawancara direksi itu hal yang aman dan sudah pasti lolos. Kenyataannya engga. Karena temen yang waktu itu sempat kenalan sama aku, dia ngga diterima. So, persiapin mental dan relax aja waktu wawancara dengan direksi. Biasanya pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan bersifat strategis dan pemikiran kreatif bukan tertanyaan teknis.

sekian dulu yak cerita dari aku..
boleh kok kalo ada yang mau ditanyain..
tapi jangan ngerepotin.. ha ha
bercanda ding ^^ 

Semoga bermanfaat
   
Share on Google Plus

About ravaa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

120 komentar:

  1. hmm hmmm aku duduk di sebelah mana yaa mmm mmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slamat pagi kakak, mohon info nya lh kakak.
      Kalau lokasi tes pt petrokimia gresik tahun 2018 ini harus ke gresik jawa timur yah ?
      Ngk bisa di medan ?
      Soalnya aku anak medan..
      Mohon infonya yah..
      Trimakasih..

      Hapus
  2. hai mbak :) ada kontak email? ada yang mau aku tanya-tanya terkait proses seleksi petrokimia ini hihi salam kenal anyway

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya gak ke notif di email.. baru tau kalau ada komennya🙏🏻

      Hapus
  3. Ka mau nanya boleh ga tes larinya pake rok?

    BalasHapus
  4. Hmm aku nggatau kalo itu 😂.. soalnya pas jadwalku tes semuanya cewek teknik yg pake celana training semua😂😂😂
    Tanya panitianya aja ya

    BalasHapus
  5. Hi mba, mau tanya2 mba tntang rekrutmen di perusahaan ini. Untuk jurusan pertanian/bioteknologi ada gak mbak bidang pekerjaan yg cocok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. kalo gapake kuliah gimana?, (kuliah nunggu ditrima kerja)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rekrut SMA gtu kah mksdnya? Ada jg kok.. tp ku ga paham gmn prosesnya. Ada yg mulai dari lolapil dlu. Tapi kayaknya ada jg yg rekrut SMA langsung. Coba ditanyakan aja ke web rekrutnya.

      Hapus
  7. Kak mau tanyak, recruitment petro tahun ini ada ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk jenjang apa? Ini skrg lg buka untuk SMA. Cek linknya aja hehe

      Hapus
  8. kak boleh tanya" lbih dlem ga sputar rekruitmen? mnta wa ato apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanya tentang apanya ya wkwk.. aku ga begitu paham2 bgt loh. Nanya d sini aja gpp hihi.

      Hapus
  9. kak saya lulusan kuliah sosial mbak apa bisa masuk, kalau masuk di bagian apa ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm sebenernya aku kurang tau ya kalo yg begini2.. soalnya tiap rekrut kan persyaratannya beda2. Tergantung yg lagi dibutuhin apa. Begitu ya.

      Hapus
  10. Untu lulusan sma apa sama tesnya dengan yg lulusan d3/s1?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo SMA sama d3 gapake wawancara direksi. Cuma sampe wawancara user aja. Cmiiw

      Hapus
  11. Ass.wr.wb.
    sekarang lagi dibuka nih loker SMA PETROKIMIA GRESIK, pendaftaran via website petrokimia gresiknya. terakhir pendaftaran tgl 23/07/2018. ayoo segera mendaftar.
    buat akun dulu di webnya baru bisa isi biodata kalian. persiapkan kesehatan kalian jika lulus tes administrasinya. jgn lupa selalu berdo'a agar lulus tes administrasinya dan seterusnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang, mau nanya bang, emang lokasi tes nya harus di gresik ya bg ?
      Ngk ada yg di medan ?
      Soalnya aku anak medan bang. Jauh kali dari medan ke gresik..
      Mohon infonya ya bg..
      Trimakasih..

      Hapus
  12. Kak kalo rekruit yang slta gitu emang ada tes bhs.Inggris juga ?

    BalasHapus
  13. #ASK
    Kak ini kira" pengumuman rekrutmen SMA itu kapan yaa? dan di websitenya kok sering time out

    BalasHapus
  14. Kak nanya dong, kirakira kka dlu jadwal seleksi tertulisnya dikasih tau lewat apa? Soalnya kan ini jadwalnya kmren cuma seleksi administrasi aja dr tgl 11-23. Trs blm ada jadwal sekalian buat seleksi tertulisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm aku agak lupa.. Kalo gasalah dlu dari karir centernya kampusku. Jadi kampusku punya karir center gtu kan. Nah perusahaan2 yg membuka lowongan biasanya dipost di karir center gtu. Jadi aku tinggal cek ricek pengumuman lewat situ.
      Hmm kalo ga gitu aku dlu dapetnya dari share2an grup angkatan xoxo. Soalnya aku kadang2 ga ngeh sama pengumuman2 gtu. Mesti nunggu ada yg ngeshare d grup angkatan wkwkwk.

      Jadi sebenernya aku gatau kalo rekrut yg skrg pengumumannya d post dmn. Rajin2 cek webnya aja.. mestinya ada d sana. Dan sabar2 aja buat nunggu. Karna biasanya emang lamaaaaa pol.

      Hapus
  15. Assalamualaikum kak, saya tanggal 6 agustus mau test kesehetan di pt petrokimia gresik, saya tidak mempunyai bpjs kak. Tetapi di ketentuan harus bawa bpjs apakah saya tetap bisa melanjutkan test kesehatan kak?

    BalasHapus
  16. Kamu juga lolos yah...
    Klw boleh tau lokasi tes nya kan sama smua nih..
    Kbetulan aku org medan ngk tau aku di mana lokasi tes itu berada..
    Itu di mana yah ?
    Emang ngk ada di buat lokasi tesnya tiap2 kota gitu yah..
    Mohon infonya yah teman..

    BalasHapus
  17. Mau tanya kalo untuk tes kesehatan awal untuk yg rekrutmen SMA tahun ini itu kaya gimana ya?

    BalasHapus
  18. Yg ikut tes petro SMA dong tukeran no wa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  19. Wah samaan nih, ada yg kebagian tes tanggal 7 agustus?

    BalasHapus
  20. haloo kak mau tanya kisi kisi tes akdingnya doong yg dari sma biar bisa latian. makasiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau juga dong aku cari di internet kurang lengkap

      Hapus
    2. Wkwk mana tau lah aku kisi2nya :))) waktu jamanku sih kek model tes toefl gtu tp gapake listening, dan menurutku lebih gampang sih dari tes toefl. Sekian

      Hapus
  21. Tes kesehatan gigi itu bagai
    mana ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya dicek2 aja gigi anda. Bolong apa kagak, berkarang apa kagak. ya begitu2 aja sih. ya saran sebelum tes kesehatan, semua gigi bolong ditembel dulu. di bersihin karang giginya, dan seterusnya pokoknya sebisa mungkin tunjukin gigi bersih dan terawat. Maaf telat responnya huhu.

      Hapus
  22. Kak mau nanya ini, ada yang buat lulusan informatika? Biasanya dibagian apa? Apa setiap taun buka untuk semua lulusan atau hanya lulusan yang dibutuhkan aja? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku dulu (rekrut jenjang sarjana) ada list jurusan2 apa aja yg lagi dibutuhin beserta persyaratan2 lainnya. Terus kalo tiap tahun buka apa kagak, aku gatau ya.. apalagi untuk jenjang sarjana hmm hingga kini pun belum oprec lg haha.

      Hapus
    2. Kak boleh minta emailnya? Mau tanya2 ni hehe

      Hapus
  23. Saya kemaren tes kesehatan awal dan saya baru aja tes BB dan TB setelah itu pengecekan berkas dan saya langsung sok karena kata bapak yg ngecek jurusan saya lagi gak di butuhin karena jurusan saya Teknik Elektronika Industri , menurut saya seleksi administrasi di Petrokimia itu kurang selektif banget , kenapa gak selektif contoh saya emang kalo gak di butuhin kenapa juga saya di panggil ? Dan terus ada juga beberapa orang yang gak di isi nilai Teknik nya tapi juga di panggil?? Kan gak jelas banget ya... cuma share pengalaman siapa tau aja yg seperti saya..

    BalasHapus
  24. Kak setekah tes psiko sama wawancara psiko butuh watu brp lama pengumumannya?

    BalasHapus
  25. Kalo yg SMA ini bukannya cuma butuh laki2 aja ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm jadi begini ya manteman semua.. di sini aku mau jelasin kalo tulisan ini hanya bertujuan sharing pengalaman PRIBADI aku selama mengikuti tes rekrut karyawan di petro dan alhamdulillahnya ketrima.
      nah kalo diantara kalian ada yg nanyain soal persyaratan, ato jurusan yg dibutuhin apa, (bahkan katanya) jurusan ente kagak diperluin ketika sudah cek berkas, well aku kagak tau ya masbro mbakbro. Karna persyaratan jaman aku dulu sama jaman now bisa jadi berbeda. Jadi tolong ditanyakan saja sama admin yg berwenang.
      Sekali lagi ya disini aku cuma mau sharing tentang step2nya aja berdasarkan pengalamanku dulu (rekrut untuk sarjana) oke gaes,, dimengerti kan? hahah piiss ^^

      Hapus
  26. Mba, teman saya ada ketrima PT Petrokimia Gresik dari tahun 2016 an tp kok blm ada info panggilan sampai saat ini? Katanya berkasnya sedang diurus ke jakarta. Dulu ujiannya di ECC UNAIR klo ga ITS. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  27. Mba,Apa Bedanya lolapil sama Recruitment untuk SMA??Mohon Pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bedanya kalo lolapil itu nanti jatuhnya setara D1 setauku. Karena lolapil ada "pelatihan" tambahan lagi

      Hapus
  28. mbaa kapan oprec s1 lagi nih ? heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa engga tau kalo s1. Uda kebnyakan s1 soalnya 😂 kemungkinan kalo SMA ato (mungkin) d3 ada kayaknya taun ini

      Hapus
  29. Kak lulusan sma buat wanita ada kah di petrokimia gersik ini? Soalnya saya baca" lowongannya untuk laki-laki semua huhu 😩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih.. kemungkinan besar rekrut sma emang buat cowok.. semangat jobseeker coba terus le perusahaan lain :)

      Hapus
  30. Kak misal saya posisi bekerja disuatu perusahaan, terus saat wawancara entah user atau direksi kita jujur aja klo sdg bekerja di perusahaan apa boleh? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin gk semua boleh. Tapi yang penting itu kejujuran. Saudara saya pernah seperti itu, ehh langsung diterima kok.

      Hapus
  31. KK mau nanya,lokasi testnya di gresik ya? Mohon bantuannya

    BalasHapus
  32. kak.. sekarang kakak masih kerja di petro gresik?
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
  33. Kak. Itu seleksi administrasi lolos atau tidak nya di beritahu lewat email gitu ?

    BalasHapus
  34. Tempat tes tulisnya dimana ya kak

    BalasHapus
  35. Kak boleh tanya yang untuk recruitmen lulusan sma itu materi tes akademik nya apa saja ya , terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  36. saya juga dapat panggilan jam 12

    BalasHapus
  37. kak oprec untuk lulusan smk sebagai operator ini sistem kerjanya kontrak apa bisa menjadi kartap?

    BalasHapus
  38. Masih menunggu pengumuman Psikotes.. zz..

    BalasHapus
  39. Mbak mau tanya apa aja dokumen persyaratan yg harus dilengkapi waktu mbak tes dulu? apakah dri ijazah SD sampai Kuliah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ijazah yg dipersyaratkan aja.. tp biasanya diminta data diri kayak cv gtu. Disitu ditulis riwayat pendidikan

      Hapus
  40. Mbak nya udah dapet panggilan tes belum?

    BalasHapus
  41. kak mau tanya. kakak ndk ada contoh-contoh soal yang di ujikan untuk tes tulisnya? atau mungkin kakak masih punya soal tes kakak yang dulu? boleh kah saya meminta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk gaada lah.. bnyak2 belajar contoh2 soal aja

      Hapus
  42. Untuk lokasi tes disurabaya dmna ya kak?
    Soalnya untuk tgl tesnya 24 25 sedangkan lokasinya blom dikasih tau
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas, saya jg blm dpt info. Saya kebetulan di yogyakarta. Mas nya ada info kah?

      Hapus
    2. Saya juga jogja. Kemarin wktu pilihan tes, bisa milih dimana aja sih?

      Hapus
    3. Mungkin tergantung area domisili mas. Mas nya di jogja, udh tau posisi lokasi tepatnya dmn?

      Hapus
    4. Saya dri manado sih. Blk tau jga utk lokasinya

      Hapus
    5. sy juga di jogja. untuk lokasi tes ada pilihannya kok, jogja sama gresik

      Hapus
    6. Blh tau kalo di jogja tes nya dmn? Krn saya hanya dpt jadwal tes dan lokasi "yogyakarta" tp dimana nya gak ada :'( tlg pencerahannya

      Hapus
    7. Saya jg di jogja tp blm tahu lokasi tesnya dimana

      Hapus
    8. Wah...gimana cara taunya ya? Ngehubungin contact nya gapapa kan ya?

      Hapus
    9. Kmrin saya coba telpon. Gk diangkat2. Mungkin nnti sorean apa bsk bru dikasih lokasinya. Kek macam sbmptn

      Hapus
    10. Ohh begituuu...okedeh. terimakasih yaa. Aslinya ga sabar nunggu krn sebentar lg tes nya :(

      Hapus
    11. Sudah muncul pengumuman tmptnya

      Hapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Haiii ada yg hadir tes di sby nnti tgl 24-25 kah? Bikin grup WA yuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo wika, mau nomer wa nya dong. Aku jg tes d surabaya.

      Hapus
  46. Untuk yg tes di sby sudah keluar kah alamat detail tes nya?

    BalasHapus
  47. hallo yang di jogja udah keluar kah alamat nya?:(

    BalasHapus
  48. Halo kak.. numpang tanya? Untuk tes rekrutmen pg tgl 24 oktober 2019 yang lokasinya di surabaya alamatnya dimana y?

    BalasHapus
  49. Mbak ijin nanya.. hehe
    Untuk tes tulis 1 (akademik) apakah menggunakan sistem gugur? Terimakasih mohon share pengalamannya yg dulu mbak

    BalasHapus
  50. hallo teman-teman, sudah keluar belum hasil tes akademik nya?

    BalasHapus
  51. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  52. Kak mau nanya, untuk tes kesehatan di petro apa aja ya yg lebih detail nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu yg aku tulis uda cukup detail menurutku.

      Hapus
  53. Kak boleh minta alamat email atau no WA?

    BalasHapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. Ada yg dari teknik mesin ga ya?

    BalasHapus
  57. Oya mba ini pas wawancara user harus pakai celana kain ta mba ? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa di inbox kan begitu keterangannya

      Hapus
  58. Mbak di wawancara user, kalo jurusan statistika kira diwawancara sama manajer apa ya?
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh kurang tau ya.. soalnya aku gatau unit mana aja yg butuh statistika. Bisa dari 1 unit ato bnyak unit.

      Hapus
  59. Mba tes larinya muterin lapangan sepak bola sebanyak 6 puteran ya? Keliling lapangannya kira2 berapa meter mba? Terima kasih sebelumnya mba

    BalasHapus
  60. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  61. Malam mbak, mau tanya waktu rekrutmennya mbak, apkah ada ikatan dinas total 6,9 th? Karna yg taun ini utk rekrutmen d3 nya ada waktu magang 1,5th, lalu evaluasi, kalo lolos probation 3 bln, klo lolos ikatan dinas 5 taun. Kalo keluar sblm itu hrs byr pinalti 150 jt.. kalo kakaknya apakah spt itu jg? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. seingetku kalo aku dulu (bukan D3), masa dinas 5 tahun, pinalti 200jt, ijasah ditahan (tapi ditahun ketiga ijasah dibalikin).

      Hapus
  62. Malam mbak, mau tanya. Biasanya kalau pemberitahuan dapat mes ketika mau wawancara user itu h- berapa ya? Ini saya besok rabu ada wawancara user tp belum ada info ttg mes/penginapan (kebetulan saya dr jateng) hehe. Makasi sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas setau saya tidsk dpt. Saya td wanser banyak yg dri luar kota pada ngekos mas..

      Hapus
  63. Mau tanya min. Untuk pengumuman buat wawancara manager apakah via telepon?

    BalasHapus
  64. Tes kesehatannya itu bagaimana kak? Apa aja yang perlu diperhatikan

    BalasHapus
  65. Halo kak, boleh tahu model pertanyaan interview user nya seperti apa? Khususnnya di bagian management
    Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku cuma bisa kasih semangat aja ya hihi.

      Hapus