bon sang ne peut pas mentir

statistics

Popular Posts

Lapor..! Kerja Praktek SELESAI :))

sudah 20 hari pasca kerja praktek selesai, baru sempet nulis ini.
banyak banget pengalaman berharga dan kenangan kocak yang didapet di PT. Trafoindo Prima Perkasa, Tangerang.
Berikut akan aku ceritakan satu-satu (sabar..)
ini pabrik 3 cuy.. (masih baru) bauk kayu2nya masih sedap
Di sini, aku kerja prakteknya nggak sendirian, aku satu kelompok sama Azmil n Maya.
inilah kita, pecahan dari ranger, dari kiri : azmil, maya, dan aku
Jadi, selama kerja praktek di Trafindo (Tangerang), kita dapet fasilitas apartement dan antar jemput sopir dari pabrik (enak kan.. hehe). *belakangan baru kami ketahui kalo semua fasilitas yang diberikan itu karena channel untuk pengajuan KP kami adalah big boss di sana, makanya kami dapet fasilitas super kece kayak gitu*
Selama sebulan kami kerja praktek di sini, jadwal kami padat. Ya, karena kami harus visite dari pabrik 1 sampai pabrik 3. Hal tersebut telah sesuai dengan permintaan kami, karena kami ingin mempelajari semuanyaaah (hmm maruk dikit..)


# TPP Pabrik 1
   Di sini adalah tempat pembuatan/perakitan transformator distribusi tipe oil. Dimana kita ketahui, kalau transformator distribusi tipe oil itu ya pendinginnya pakai minyak. Well dari segi pengetahuan dan pelajaran dari elektro, di sini saya belajar banyak sekali. Mulai dari mengenal bahan-bahan pembuatannya, proses penyusunan core, penggulungan coil, sampai berbagai macam proses pengetesannya (Quality Control) hingga layak dijual.
    Kalau dari segi pengalaman kocak, di sini telah banyak terjadi insiden tidak terduga :))

1. Pak Adit
pertama kali dateng, kita disuruh untuk menemui HRD, dimana kita ketahui bahwa HRD yg sebelumnya bertemu dengan kita adalah bapak2 bertubuh besar. eh nggak taunya diganti sama mas2 kece yang namanya pak adit (langsung deh mimil terpesona). Beliaulah yang akan menemani kita selama kerja praktek di sana

2. Pak Sumantri (sopir)
hari pertama KP, kita berangkatnya dijemput sama Pak Wardani. Beliau adalah kepala sopir yang baik hati dan tidak sombong #loh. Suatu kehormatan bagi kami bisa diantar jemput sama kepala sopirnya langsung :)
Tapi ternyata dugaan kami salah. Tidak selamanya pak wardani dapat mengantar jemput kami, sehingga beliau menugaskan anak buahnya untuk mengantar jemput kami. Salah satunya adalah Pak Sumantri. Sopir satu ini cukup kece dan tampan untuk seukuran seorang sopir... hahaa dan berhasil membuat si maya terpesona :))
kata maya : hmm wanginya bapaknya~ tercium pas banting setir (-___-)

3. Mas Senyum Menawan
Entah siapa namanya, yang jelas mas senyum menawan ini adalah orang dari seksi final assembly. Ada beberapa kejadian konyol terkait dengan mas senyum menawan dan temanku (azmil). Mungkin kalo diceritai di sini gak bakal lucu. Cukup diingat2 sendiri saja ya cc: Azmil Muftaqor :))

 
# TPP Pabrik 2

   Di pabrik 2 ini adalah tempat yang paling menyenangkan. Selain merupakan tempat pembuatan ct/vt, semua staff2nya di sana pada welcome dengan kita. Mulai dari mbak2 HRDnya yang cantik-cantik sampai pegawai produksinya pun kece hehe. Di sini kita belajar banyak hal tentang ct/vt. Mulai dari penyediaan bahan baku sampai proses produksinya yang terbilang cukup unik (ilmunya baru tahu).
Beberapa orang berjasa yang telah membuat kita senang antara lain :

1.  Pak Argo
bapak-bapak super pede, asik, dan punya jiwa mengenal seseorang lewat gerak gerik tubuh orang itu. Masak aku dibilang selengek.an dan rada2 cuek gtu -__-
Well.. disamping itu, bapak ini adalah yang paling perhatian dengan kami. Waktu itu bertepatan dengan kami bertiga sedang tidak puasa. Eh tiba-tiba bapaknya nawarin susu ultra. Dengan solu-solu tapi kolu, akhirnya kami menerima susu ultra itu dengan senang hati hehee

2. Mas Alis Tebal
ah.. mas ini lucu sekali. Alisnya tebal, senyumnya manis, gayanya oke, tapi sayang gak tau namanya :((
Mas ini sudah baik sama kita. Di tengah kesunyian ruangan departement engineering yang mencekam, dia diam-diam mengajak kita berbicara dengan nada sedikit bisik-bisik. *baru kami tahu kalo ternyata ruangan departement engineering TPP2 memang begitu adanya, sepi, sunyi, dan tidak boleh ada keributan sedikitpun. Konon kata pak argo, hal ini dikarenakan tingkat desain error mereka hanya ditoleransi +- 2mm -__-*


# TPP Pabrik 3 
   Di pabrik 3 ini merupakan tempat pembuatan/perakitan transformator distribusi jenis cast resin. Alias trafo kering. Untuk prosesnya sendiri, ibaratnya di sini adalah kombinasi dari Pabrik 1 dan Pabrik 2. yaa so far seperti itulah prosesnya (baca : dirahasiakan)
   Pabrik ini terbilang baru, bahkan baru kami yang pertama kali kerja praktek di sana. Sehingga, masing-masing departemen pun masih terdiri 2 sampai 3 orang saja (aku mau pak mengisi kekosongan departement engineering hehe). Olehkarena itu, semua departemen masih berada dalam 1 ruangan besar dan hanya dipisahkan oleh skat-skat kerja untuk membedakan departemennya.
    Ketika kami kerja praktek di sini, kami ditempatkan di sebuah ruang rapat, yang lumayan besar untuk kami bertiga. Ruangan ini masih satu atap dengan ruangan besar tadi. sehingga segala aktifitas para staff terdengar oleh kami. Bahkan ketika mereka semua dimarahin oleh pak boss mirip imam darto the comment pun kedengeran oleh kami. Sehingga kami pun merasa tidak enak sendiri.
    Orang ter-epic di Pabrik 3 ini adalaaaahh...

1. Riandi-arso
wkwkwk sekilas waktu pertama kali liat, mas ini kayak afgan kw. Cool, diem, pokoknya not bad lah. Tapi setelah anda mengenalnya.. *huahahaha pingin ngguyu sek aku*
orangnya garing banget. kayak tipe2 anak ITS yang susah banget ngomong dihadapan cewek. Mau ngomong aja pake kode-kode dulu. Yaelah mas -___- seumur-umur aku baru nemu orang yg kayak gini ya sampean tok :)))))

Oke sekian dulu ceritanya, berikut adalah foto-foto kebahagiaan ketika kami kerja praktek di Trafoindo Tangerang
 
wajah hari ke dua KP

Pelajaran trafo hari ke-5, kayak kuliah -__-
Narsis di TPP 2 hari terakhir minta dipotoin mbak reseptionist cantik





Foto di atas adalah ketika sedang pusing membuat laporan, karena mendekati hari berakhirnya KP
lalu...
foto di lingkungan apartement piiiss


Share on Google Plus

About ravaa

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

9 komentar:

  1. haha... pandai jg ya buat blognya... apa kabarnya? sudah pd lulus kn? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh ada mas nya? haha
      alhamdulillah mas september ini wisuda hehe

      Hapus
  2. selamat siang mbak, mau nanya buat apartemennya dimana ya mbak, sama itu langsung dikasi pihak trafindo atau gimana dan jobdesknya buat kp apa ya mbak hehe mau coba kp di trafindo juga, terima kasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru reply.. masih nuansa mudik kmrn hehe

      Seingetku apartemennya waktu itu d daerah karawaci, tp bukan lippo ya😂
      Nah kalo soal apartemennya dikasih sama pihak trafindo apa gimana aku kurangtau.. soalnya yg komunikasi sama pihak trafindo itu temenku dan ortunya. Pokoknya waktu kita dateng langsung dianter ke apartemen.
      Waktu KP ku kan cuma 1 bln.. nah 2 minggu itu kita rolling kesemua pabrik dan semua bagian karna kita request pengen tau semuanya.. baru diminggu ke 3 dan 4 nya kita fokus ke topik yg diambil yaitu dibagian QC pabrik 1. Jobdesknya sesuai yg km mau disana minta diajarin apa sama mentornya. Kalo aku sih dlu gtu.
      Semoga menjawab ya

      Hapus
  3. Selamat siang mbak, mau nanya cara agar bisa kerja praktek di pt trafoindo gimana ya? Terima kasih mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya dulu membuat proposal pengajuan KP dan surat pengantar dari jurusan. Terus menghubungi pihak personalianya. Dulu sih namanya Pak Haenys dan Pak Adit. Cuma kalo sekarang kurang tau saya mas.

      Hapus
  4. Permisi mba, mau tanya.. apa dulu waktu kp bener dapet mentor dan diajarin kaya yang di foto itu ? Saya juga kp di trafoindo tapi ko ngga ada mentor dan pelajaran pelajaran kaya gitu ya ? Apa harus minta dulu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya beneran diajarin sih aku pas itu. Mayan nambah2 pengetahuan selain ilmu kuliah. Kita ga minta sih. Cuma pas awal dateng kita uda jelasin mksd dan tujuan kita. Topik KP kita jelas maunya apa. Mungkin karna itu ya kita diajarin. Diajarinnya lebih banyak tentang QC. Soalnya itu topik utamanya kita. Kalo yg lain muterin pabriknya itu sekilas biar tau aja. Gitu sih

      Hapus
  5. Hallo kak mau tanya untuk kp di trafindo itu kita cari info nya di web mana ya kak? Dan pengajuan kp awal nya gimana kak? Menghubungi email trafindonya ?

    BalasHapus